Kamis, 13 Januari 2011

PAUD

LATAR BELAKANG
-     Orang tua beranggapan/mempunyai pola pikir bahwa pendidikan itu sepenuhnya tanggung jawab pihak lembaga pendidikan saja
-     Tidak sedikit orang tua yang menuntut lembaga pendidikan harus berbuat seperti yang dikehendaki dan kecewa jika hasil pendidikan di lembaga tersebut tidak dengan harapannya
-     Orang tua merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap perkembangan anak-anaknya
-     Orang tua merupakan orang yang pertama berinteraksi dengan anak-anaknya sebelum mereka berinteraksi dengan orang lain
-      Lingkungan keluarga merupakan lingkungan terdekat (mikro sistem) yang sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak
-      Waktu yang dimiliki oleh anak lebih banyak dihabiskan di rumah bersama dengan orang tua
-      Pada dasarnya pemberian asah, asih, dan asuh adalah tanggung jawab utama orang tua

PENGERTIAN PARENTING
yaitu bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan  anak antara di kelompok bermain dan di rumah.
 SASARAN PARENTING
-        Orang tua
-        Pengasuh
-        Anggota keluarga lain yang berperan secara  langsung dalam proses perkembangan anak
-       Undang-undang No 20/2003 tentang Sistem Pendiikan Nasional yang juga membahas tentang pendidikan informal
-        Undang-undang No 23/2002 tentang Perlindungan Anak
-        Konvensi Anak Sedunia

Cat: dengan demikian kerjasama semua pihak baik lembaga pendidikan, orang tua(keluarga), dan pemerintah sangat diperlukan untuk pencapaian tujuan pendidik terutama pada anak usia dini dapat dioptimalkan.


MANFAAT PARENTING
-        Terjalinnya mitra kerja lintas sektor. Misalnya, dari pengusaha-pengusaha yang berkaitan dengan produk yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, instansi pemerintah, penerbit buku, dll
-        Terpenuhinya kebutuhan hak-hak anak
-        Berkembangnya rasa percaya diri orang tua dalam mendidik anak
-        Terjalinnya hubungan yang jarmonis pada masing-masing anggota keluarga sesuai dengan tugasnya masing-masing
-        Terciptanya hubungan antar keluarga di lingkungan masyarakat sekitar lembaga pendidikan
-        Terjalinnya mitra kerja sesama anggota mitra kerja parenting


LANGKAH-LANGKAH YG DILAKUKAN KELOMPOK BERMAIN DALAM PELAKSANAAN PARENTING
-        Adanya komitmen bersama antara pengelola dan orang tua pada saat mendaftarkan putra putrinya di kelompok bermain
-        Menyiapkan penanggung jawab kegiatan parenting/ kepengurusan pada kelompok bermain
-        Mengidentifikasi kebutuhan informal (isu-isu penting seputarpendidikan& tumbuh kembang anak) yang ingin diketahui oleh orang tua
-        Menyusun program-program kegiatan yang akan dilakukan untuk kegiatan parenting
-        Menyusun jadwal kegiatan sekaligus menentukan nara sumber/sponsor. Misalnya kegiatan dapat dilakukan 1 minggu sekali, 1 bulan sekali atau memanfaakan libur nasional, tergantung kebutuhan

BENTUK-BENTUK KEGIATAN PARENTING
-        Think thank, yaitu sumbang saran /mengeluarkan pendapat dan diskusi tentang pembelajaran yang paling tepat bagi anak usia dini misalnya pembelajaran matematik, setiap anggota dapat menyampaikan gagasan-gagasan/permasalahan yang ada sekaligus melakukan pembahasan
-        Arisan bicara, yaitu setiap anggota secara undian bergilir menjadi pembicara untuk menyampaikan gagasan yang sesuai topik yang telah ditentukan
-        Seminar, yaitu mengundang nara sumber dan sponsor
-        Praktek keterampilan, misalnya membuat alat permainan edukatif, memasak makanan  bergizi untuk anak, dsb
-        Out bond, yakni kegiatan di luar ruangan yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua anggota keluarga, yang disipkan kegiatan diskusi/praktek permainan-permainan yang dapat dilakukan oleh anggota keluarga secara bersama-sama.
-        Kunjungan lapangan, yaitu kegiatan kunjungan ke tempat-tempat khusus yang bersifat mendidik. Misalnya ke musium, perpustakaan umum, panti asuhan, panti jompo, kebun/pertanian, dsb

10 KEWAJIBAN ORG TUA TERHADAP ANAK
-     Perasaan aman
-     Pemenuhan kebutuhan fisik dan psikologis
-     Sumber kasih sayang dan penerimaan
-     Model perilaku yang disetujui guna belajar menjadi bersosialisasi
-    Bimbingan dalam pengembangan pola prilaku
-     Bantuan dalam pemecahan masalah anak
-    Bimbingan dan bantuan dalam mempelajari kecakapan-motorik, verbal, dan sosial yang diperlukan untuk penyesuaian
-     Perangsang kemampuan untuk mencapai keberhasilan di sekolah dan kehidupan sosial
-    Bantuan dalam menetapkan aspirasi yang sesuai dengan minat dan kemampuan
-    Sumber persahabatan sampai anak cukup besar untuk mendapatkan teman diluar rumah
-        Memberi rangsangan berupa kehangatan dan cinta yang tulus
-        Memberi pengalaman langsung dengan menggunakan inderanya (penglihatan, pendengaran, perasa, peraba, penciuman)
-        Interaksi melalui sentuhan
-        Interaksi melalui pelukan
-        Interaksi melalui senyuman
-        Interaksi melalui nyanyian
-        Mendengarkan dengan penuh perhatian
-        Menaggapi ocehan anak
-        Mengajak bercakap-cakap dengan suara dan lembut
-        Memberi rasa aman

Anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. Anak adalah tunas, potensi, dan generai muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan. Pendidikan anak tidak dapat dilepaskan begitu saja terhadap lembaga pendidikan, khususnya kelompok bermain. Orang tua perlu mengetahui dan menindaklanjuti kegiatan/perlakuan yang diberikan oleh tenaga pendidik dalam menstimuls kecerdasan anak usia dini sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar